1. Dalam arti luas, statistik berarti suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan pengelompokan, penyajian, dan analisa data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh. Definisi ini lebih ditekankan kepada urutan kegiatan dalam memperoleh data sampai data itu berguna untuk dasar pembuatan keputusan. Jadi apabila seseorang memerlukan data untuk dasar pengambilan keputusan, maka data tersebut harus dikumpulkan, diolah disajikan, dan dianalisis, kemudian diambil kesimpulannya.



2. metode pengambilan kesimpulan inferential statistics. Metode statistik inferensia digunakan untuk mengetahui kondisi karakteristik dari seuatu populasi data dengan menganalisa kondisi suatu sampel yang diambil.

Metode statistik inferensia mencakup bagaimana cara mengambil sampel yang tepat sehingga dapat mewakili populasi, menarik kesimpulan dari data sampel untuk menggambarkan populasi secara keseluruhan, dan mengukur penyimpangannya.
3. Suatu populasi mencakup setiap elemen dari himpunan pengamatan yang dapat dibuat.
Sampel hanya terdiri dari pengamatan diambil dari populasi.

Tergantung pada metode sampling, sampel dapat memiliki pengamatan yang lebih sedikit daripada populasi, jumlah yang sama dari pengamatan, pengamatan atau lebih. Lebih dari satu sampel dapat diturunkan dari populasi yang sama.
Perbedaan lainnya harus dilakukan dengan tata-nama, notasi, dan perhitungan. Sebagai contoh,
Sebuah karakteristik yang terukur dari suatu populasi, seperti deviasi rata-rata atau standar, disebut parameter, tetapi karakteristik terukur dari sampel disebut statistik.


4.Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna.Statistika deskriptif hanya memberikan informasi mengenai data yang dipunyai dan sama sekali tidak menarik inferensia atau kesimpulan apapun tentang gugus induknya yang lebih besar. Dengan Statistika deskriptif, kumpulan data yang diperoleh akan tersaji dengan ringkas dan rapi serta dapat memberikan informasi inti dari kumpulan data yang ada. Informasi yang dapat diperoleh dari statistika deskriptif ini antara lain ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data , serta kecenderungan suatu gugus data.


5.karena statistik yang berkenaan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakterisktik atau ciri dari suatu populasi. Dengan demikian dalam statistik inferensial dilakukan suatu generalisasi (perampatan atau memperumum) dan hal yang bersifat khusus (kecil) ke hal yang lebih luas (umum). Oleh karena itu, statistik inferensial disebut juga statistik induktif atau statistik penarikan kesimpulan. Pada statistik inferensial biasanya dilakukan pengujian hipotesis dan pendugaan mengenai karakteristik (ciri) dari suatu populasi, seperti mean dan Uji t


6.tatistika parametrik 
- ilmu statistika yang mempertimbangkan jenis sebaran/distribusi data
- Jika data tidak menyebar normal, maka data harus dikerjakan dengan metode Statistika non-parametrik, atau setidak2nya dilakukan transformasi agar data mengikuti sebaran normal


non parametri 
- statistika bebas sebaran (tdk mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak)
-Statistika non-parametrik biasanya digunakan untuk melakukan analisis pada data berjenis Nominal atau Ordinal. Data berjenis Nominal dan Ordinal tidak menyebar normal.


Respected Readers:
Sebagai mahasiswa berusia 21 tahun, satu-satunya penghasilan saya mengandalkan sebuah adalah uang menanggung biaya menjalankan blog saya menjadi sulit. Kami mendidik ribuan blogger seminggu kami tutorial. Untuk membantu kami maju semangat yang sama, kontribusi dari sisi Anda akan sangat sangat menghargai

Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian Statistika secara luas dan Keuntungan dari metode statistik dan anda bisa menemukan artikel Pengertian Statistika secara luas dan Keuntungan dari metode statistik ini dengan url http://blog-harianvirgo.blogspot.com/2013/05/pengertian-statistika-secara-luas-dan.html , anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian Statistika secara luas dan Keuntungan dari metode statistik ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian Statistika secara luas dan Keuntungan dari metode statistik sumbernya.
Kindly Bookmark and Share it:


0 komentar

Poskan Komentar

Silakan berkomentar dengan bijak dan bahasa sopan santu, dan Blog ini tidak menggunakan modarasi.Tidak menerima SPAM. Apabila terjadi SPAM akan terhapus secara otomatis. Sobat bisa gunakan tool yang ada untuk Nama/Url

Terima kasih atas kunjungannya. semoga bermanfaat artikel yang ada diblog ini.